Dasar Yang Diletakkan Oleh Kristus

Semua berasal dari Allah Tritungal. Dan kita harus memahami arti Tritungal. Adalah tiga didalam satu. Dari sinilah segalah pengajaran tentang keslamatan, Gereja.  Dan Allah tidak bisa dijangkau oleh akal budi manusia. Oleh sebab itu Allah itu dinyatakan oleh logos Allah Yoh 1:18. Apa yang dipikirkan tentang Allah itu belum tentu Allah, jadi manusia itu terbatas. Manusia hanya sekedar berkata-kata. Dan tidak ada manusia yang membuktikan bahwa Allah itu ada. Alam semesta ini ada belum tentu membuktikan bahwa Allah itu ada. Tapi kitab suci menyatakan ada satu pribadi atau ada satu manusia atau satu oknum yang menyatakan dirinya yaitu logos Allah (firman Allah) Yoh 1:1 dan 14. Firman telah menjadi manusia yang keluar dari Allah sendiri firman ini yang mewahyukan siapa Allah. berarti hanya Kristus yang tahu siapa Allah, hanya Dia yang pernah melihat Allah jadi kalau mau belajar tentang Allah maka harus belajar tentang Kristus. Yoh 4:24. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.” Allah adalah Roh 1 Samuel 11:6. Roh itu berkuasa. Jadi Alkitab adalah firman Allah yang keluar dari Allah. Kej 1:1-3.1. Ada Allah yang menciptakan langit dan bumi. 2. Roh Allah. 3. Firman Allah. semua ini ditulis dalam Alkitab meskipun Kristus belum ada. Dan Kristus datang pada tahun sebelum masehi. Yanng menyatakan Allah Tritungal adalah Musa dan Musa menulis dengan Logos Allah. 1 kor 8:6. Hanya satu Allah saja. Karena segalah sesuatau berasal dari Dia. Dan hanya satu Tuhan saja yang oleh Dia segalah sesuatu yang telah dijadikan. Ibrani 1:2. Melalui Dia telah menjadikan Alam semesta. Kolose 1:15-16. Kej 1:6-26. Berfirmanlah Allah. hanya Kristus yang tahu tentang Allah. dan Alkitab menuliskan semua itu.

Allah itu sifatnya harus Tritungal. Allah itu Bapa. Dan Firman itu keluar dari Bapa lalu ada Roh Allah yang memberi hidup. Allah itu ESA tapi dalam satu kesatuan. Allah adalah sumber dari segalah sesuatu. Anak yang menjadikan segalah sesuatu Roh menghidup segalah sesuatu. Tapi satu Pribadi dan ini bukan masalah jumlah tapi ini adalah hakekat Allah.

Siapa manusia itu? Jadi kembali kepada Logos Allah atau Kristus jadi kalau kita tidak mengenal Kristus kita tidak tahu siapa diri kita (Kejadian 1:26). Manusia adalah Gambar dan rupa Allah. ayat 27. Gambar Allah itu Laki-laki dan perempuan. Apa yang dicatat dalam Alkitab itu Adalah Logos Allah.

Antropologi

Apa beda gambar dan rupa Allah. gambar berupa foto tapi kalau rupa dirinya sendiri. Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa. Kej 1:26-27. Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Kej 2:7. Allah menghembuskan nafasnya kepada manusia. Kol 1:15. Dialah gambar Allah yang tidak kelihatan. Fil 2:6. Logos Allah adalah polanya ciptaan manusia maka logos itu menjadi manusia. Siapa manusia?adalah gambar dan rupa menurut Kristus. 1 Kor 11:2-12. Jadi kepala dari laki-laki adalah laki-laki. Dan gambar dan rupa Allah adalah Laki-laki. Bukannya Kristus itu Logos yang beringkarnasi menjadi manusia. laki-laki berasal dari Kristus dan perempuan berasal dari Laki-laki. Manusia adalah gambar Kristus jadi kalau manusia adalah gamabarnya Kristus maka manusia akan menuju rupa Kristus. Gal 4:19. 1 Yoh 3:2. Anak-anak Allah yang akan menjadi sama dengan Dia. Efesus 4:13. menjadi rupa Kristus maka semua akan diubah menjadi Kristus. atau sesuai dengan kepenuhan Kristus. manusia adalah gambar Allah yang sedang menuju dengan gambar Kristus. Gal 4:4. Pengenapannya Allah.

 

Tugas minguan. 1. Apa yang dipahami tentang Allah Tritungal dan manusia.

  1. baca buku.

FONDATION

Fondasià Christ dari Kristus kita bisa mengenal siapa Allah Yohanes 1:18. Siapa? Manusia Kejadian 1:26; Kej 1:3-6; Fil 2:6; Kol 1:15; Ibr 1:2; Yoh 1:1-18. Church Efesus 5. Gereja itu ada karena adanya Kristus. siapa itu Logos Allah? wahyu Allah Yoh 1:1-14; Ibr 1:2-4. 1 Kor 1:24àHikmat Allah & Kekuatan Allah. siapa itu Logos Allah? wahyu Allah Yoh 1:1-14; Ibr 1:2-4 Alkitab bukan wahyu Allah tetapi suatu Tradisi yang ditulis dalam wahyu Allah Ibr 1:2.

Didalam Allah yang Esa itu ada Anak 1 Kor 8:6. Yoh 8:42. Keluar dari Bapa. Kej 1:2. Roh Allah yang menaungi. Kej 2:7. Nafas adalah Roh-Nya Allah. Logos bisa menjadikan sesuatu karena ada Roh Allah. Yoh 15:26. Roh kebenaran keluar dari bapa. Allah yang memberi hidup Roma 5:5. Roh Allh yang mencurahkan kasih Allah. Tritungal berbicara tentang keberadaan. Inti dari gambaran Kristus. Kristus gambar Allah atau Logos Allah yang beringkarnasi.

  1. Soul (jiwa).
  2. Body (tubuh).

Allah itu Roh tetapi Allah punya rupa? Logos Allahlah yang punya Rupa. Filipi 2:6. Kristus yang dalamnya rupa Allah. Allah itu punya rupa tapi dalam Logos Allah dan diwujudkan dalam rupa manusia. Filipi 3:21-27. Tubuh yang diubah menjadi serupa dengan tubuh Kristus. karena Kita adalah rupa Allah.

Apakah Kristus mempunyai tempat? Kolose 1:19. Kepenuhan Allah tingal didalam Kristus. Kolose 2:9. Sebab didalam Kristuslah berdiam seluruh kepenuhan Ilahi. Ketika Yesus naik ke sorga Dia mempunyai tubuh yang penuh dengan Keilahian. Kolose 2:2-3.

1 Yoh 3:2. Sebab kita melihat Dia dalam keadaan yang sebenarnya.

Sebelum Allah beringkarnasi ada Allah Logos tidak ada tubuh tapi wujud Logos Allah. Roh. Sesudah Ingkarnasi. BapaàAnakà gambar Allah. Kol 2:9; 1:19à Allah Logos Allah.Tubuh keilahian Kristus seperti apa? Kolose 2-9. Para Rasulpun tidak tahu tubuh kemulian tentang Kristus. Kalau Kristus adalah soul and body maka kita akan menjadi rupa Kristus.

Logos Allah.

Didalam logos Allah ada gambar Allahàsifatnya Allah, foto Allah atau mirip Allah. Rupa Allahàwujud Allah di dalam Logosàformal dan bentuk (Roh dan nafas Allah). Manusia à Gambar Allah menuju à rupa Allah. Desain Allah. Gal 8:4. Yesus datang tidak mengenai manusia berdosa atau tidak karena Dia Allah pola Allah.

TENTANG DOSA

Kejadian 3 Dosa itu melangar perintah Allah 1 Yoh 3:4. Kejadian 2:6 melangar perintah Allah. kenapa Adam dan Hawa disaat jatuh kedalam dosa mereka belum meningal. Tapi mereka masih hidup ratusan tahun. Kejadian 5:5. Kejadian 2:16-17. Kematianà Rohanià jiwaà kekal tapi terputus dengan Allah. Efesus 2:1; Efesus 4:17-19.

Markus 7:20-21.

Tubuh manusia mempunyai keinginanàNatural.

Keinginan daging karena mengikuti keiginan dunia. Efesus 2:2. Yang mengontrol tubuh kita adalah jiwa. Ketika jiwa berdosa atau putus dengan Allah maka jiwa ini akan dikuasai oleh Iblis.

Ada tiga tahap mengatasi dosa

  1. practical level
  2. contemplativ levelàIllumination filipi 1:21.
  3. purification =siklus askesis

Purification àdispassionàlove adalah wujud kasih 1 Yoh 3:16àLove paling tingi.

Illuminations. Fil 4:12; fil 3:8; 2:17à 1 Yoh 3:16àLove paling tingi.

Theosis à serupa AllahàKristus.

Logos adalah logos Allah à Christ adalah Gambara dan rupa Allah à Manusia à gambar à rupa Allah. Gambar adalah hati manusia atau jiwa manusia à nous, logos dan pneuma à diperbaharui menjadi rupa Kristus atau gambar itu adalah tubuh manusia à diperbaharui menjadi rupa Kristus.

TENTANG IMAN

Tujuan menjadi Purification

Purification à dispassion atau Love à virtues à kontemplatik = tulus kepada Allah

 

Mystical knowledge = hidup adalah Kristus mati adalah keuntungan

 

Deification = Kesempurnaan. Tujuan purification adalah menjadi sempurna

Matius 13:13-18 Faith à iman + kasih karunia à diselamatkan. Iman yang masuk dalam hati menjadi benih Ilahi.

 

Ayat 20 benih ilahi sudah ada dalam diri manusia tapi tidak Tumbuh. Karena ada penindasan.

  1. Kerajaan suraga masuk ke dalam hati tapi hilang karena tidak ada iman.
  2. kerajaan sorga ada iman à benih ilahi itu mati karena tidak berakar
  3. kerajaan sorga masuk dalam hati dan ada iman à benih ilahià terhimpit à tidak berbuah
  4. Kerajaan Sorga masuk ke dalam hati dan ada iman à benih ilahi à berakar, bertumbuh dan berbuah. Inilah yang benar.

Benih adalah kerajaan sorga atau Kristus Mat 13:19 mendengar dan mengerti inilah yang disebut faith roma 10:17. Pendengaran akan firman Kristus.

Faith itu mendengar dan mengerti dan dimasukan dalam jiwa=Nous, Logos dan Pneuma. iman timbul dalam hati (jiwa) dengan mendengar dan mengerti efesus 4: 20:21 mendengar tentang Dia. Sehinga Dia menyetuh roh dan pikiranmu ayat 23-24. Disaat kita mendengar dan mengerti itulah iman. (lahir baru). Iman bukan hanya percaya tapi mendengar dan mengeri. Maka hati kita harus didalm siapa? Kolose 2:6-7. Hidup didalam Dia dan berakar didalam Dia atau dibangun di atas Dia. (hati tetap didala Kristus). efesus 3:17. Hati yang harus diisi atau diam didalam Dia. Dan berakar didalam kasih (Kristus) Melalui Iman. Efesus 4:21. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus kolose 2:6-7. Rasul Paulus menjelasakan hati didalam Kristus maka benih ilahi itu akan bertumbuh tapi ada tanah yang tidak baik bisa membuat tidak berbuah atau masalah dunia (keiginan daging). Oleh karena itu rasul paulus mengatakan jangan serupa denga dunia. Kolose 2:7. Iman dalam bentuk pengajaran tentang Dia. Dan harus didalam Kristus. melalui iman Kristus diam didalam kamu Efesus 3:17. sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. Pengajaran menghasilkan iman dan semakin teguh dalam Kristus supaya jiwa diperbaharui didalam Kristus.

Korintus 3:6-9 Dibangun diatas Dia. Landasan atau fondasi Krisrtus Kolose 2:7 dibangun diatas Dia. Kor 3:6. Paulus melakukan bagiannya Apolos juga melakukan bagiannya tapi Kristus yang memberi pertumbuhan tapi tidak ada pertumbuhan kalau tidak ada yang menanam dan menyiram disini adanya kerja sama (paulus dan apolos mempunyai bagian untuk mengerjakan). Sehingah adanya kerjasama. Ayat 9 sehingah Paulus mengatakan kawan sekerja Allah. 1 Korintus 15:10. Allah yang memberikan pertumbuhan Paulus yang berusaha. I Korintu 3:9. Kawan sekerja Allah dan kita adalah ladang Allah maka kita yang harus bekerja Allah yang memberikan pertumbuhan. 2 Korintus 6-1. Jangan sia-siakan kasih karunia. Maka kita harus bekerja keras dan menerima dengan iman.

Hati yang baik adalah hati yang tinggal didalam Kristus oleh iman dengan iman kasih karunia tidak sia-sia. Iman itu harus ditambah dengan kebajikan dan pengetahuan.

 

Diterbitkan oleh mercykristini

Re

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai